Download Telegram For Android (Update 2022)

Telegram : Selain whatsapp. Pilihan apk instan messenger lain yang saat ini ramai digunakan oleh masyarakat adalah Telegram. Telegram Rilis pada Agustus 2013, Telegram memiliki peningkatan pengguna yang cukup signifikan, bahkan saat ini menjadi saingan apk whatsapp.

Data terbaru pengguna Telegram dari seluruh dunia mencapai 400 juta lebih. Jumlahnya terus bertambah dengan rata-rata peningktan pengguna sebanyak 1,5 juta/hari. Selain itu, Telegram juga akan terus menghadirkan beragam informasi baru.

Hal ini juga tidak luput dari pro dan kontra, karena dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengunduh film, musik, dan soffwere secara ilegaal. Selain itu, Telegram juga memiliki perkumpulan rahasia tanpa diketahui oleh pihak manapun. Selain itu, saya akan menjelaskan secara lingkuo apa itu Telegram?

Telegram merupakan aplikasi pesan instan multiplatfrom berbasis cloud yang gratis dan bersifat nirbla. Aplikasi Telegram banyak tersedia untuk beragam sistem seperti Android, ios, windows phone, Ubuntu Touch, serta perangkat komputer, macos x, dan linux. Dengan Telegram, pengguna dapat saling berkirim pesan teks, foto, video, audio, dokumen, sticker, dan beragam tipe berkas lainnya.

Aplikasi Telegram dimulai di Rusia oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov. Sebelumnya, dua orang ini telah membuat jaringan sosial Rusia VK yang telah ditinggalkan ketika diambil alih oleh grup Mall. ru. Nikolai Durov fokus menciptakan protokol MTPROTO yang menjadi dasar pengembangan Telegram, sementara Pavel Durov memberikan dukunan dan infrastruktur serta pendanaan bersama mitranya Digital Fortress Axel Neff sebagai salah satu pendirinya (co-founder).

14 Agustus 2013, Telegram diluncurkan keperangkat ios. Kemudian disusul untuk perangkat Android pada tanggal 20 Oktober 2013. Pada 24 Maret 2014, Telegram berhasil menjangkau pengguna dengan total bulanan mencapai 35 juta dan pengguna aktif harian yang mencapai 15 juta.

Baca Juga :  Download Pou Mod Apk Terbaru Level Max (Gratis)

Kemudian pada bulan Desember 2014, Telegram memiliki penguna aktif mencapai 50 juta, menghasilkan 1M pesan harian, dan 1 juta pengguna baru mendaftar setiap minggunya.

Februari 2016, Telegram sukses memiliki 100 juta penguna aktif bulanan, dengan 350 ribu pengguna baru mendaftar setiap hari. Pada tangal 24 April 2020, Telegram mengumumkan telah mencapai 400 juta pengguna aktif bulanan. Dengan menungkatkan pengguna Telegram yang begitu signifikan menandakan bahwa Telegram diterima oleh masyarakat dunia.

Fitur-fitur Telegram

Telegram menghadirkan beragam fitur yan sangat dibutuhkan pengguna, terutama dalam hal keamanan dan penyimpanan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur-fitur tersebut.

1. Secret Chat

Merupakan fitur chat rahasia yang dihadirkan Telegram untuk memastikan privasi dan keamanan berkomunikasi antar pengguna lebih terjamin.

2. Grup Telegram

Sama seperti aplikasi pesan instan lainnya, Telegram juga memungkinkan pengguna untuk membuat grup. Dengan batas jumlah anggota yang begitu besar, penguna akan lebih leluasa dalam mengelola bisnis atau komunikasi tertentu.

3. Channel Telegram

Selain grup, Telegram juga memungkinkan penuna untuk membuat chennel. Fitur ini diperuntuhkan untuk membangun suatu komunitas tertentu dengan jumlah penikut tanpa batas. Fungsinya mirip seperti grup, namun hanya pembuat chennel yan dapat mengirim pesan.

4. BOT Telegram

Merupakan platfrom untuk para developers (pengembangan pihak ketia) untk membuat akun BOT. BOT adalah akun Telegram yang dioprasikan oleh sebuah program otomatis.

Manfaat Telegram

Sebagai teknologi BOT untuk beragam kebutuhan, sehinggaa mampu memaksimalkan kebutuhan bisnis dan pembayaran. Untuk lebih jelasnya, simak fungsi aplikasi di bawah ini :

1. Sebagai Aplikasi Pesan Instan

Sama seperti Aplikasi lainya yang pada umumnya berfungsi untuk mengirim pesan, foto, video, audio, dokumen, serta beragam jenis format lainnya.

Baca Juga :  Download Aplikasi Twitter Lite Versi Terbaru 2022 (Gratis)

2. Media Membangun Komunikasi atau Fans

Sumber daya yang cukup besar bahkan tanpa batas dan gratis membuat banyak pengguna smartphone mulai beralih mengunakan Telegram. Salah satu contoh adalah Infulencer untuk membangun audience lebih besar dan lebih dekat dengan pengguna.

3. Media Berbagai File, Video, Musik

Tanpa disadari, dengan kelebihan penyimpanan Telegram yang tanpa batas (hanya dibatasi file ZGB) membuat sebagian pengguna memanfaatakan sebagai media shering dan penyimpanan untuk konten video, audio, musik, dokumen, dan sejenisnya.

Kelebihan Telegram

1. Memiliki Tingkat Keamanan Terbaik

Telegram bersifat open source sehingga para peneliti mampu memantau dan menganalisis aplikasi yang dikembangkan aman atau tidak.

2. Penyimpanan File Berbasis Cloud

Dengan sistem penyimpanan cloud yang baik, pengguna dapat mengakses semua pesan dan file melalui beragam perangkat yang digunakan, baik komputen maupun smartphone. Seluruh file tersedia lengkap dan dapat diunduh sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Batas Pengiriman File Relitif Besar

Telegram memiliki batas pengirim file yang cukup besar yakni 2GB perfile. Batas tersebut tentu jauh lebih besar dari pada Whatsapp yang hanya sekitar 16MB.

4. Kapasitas Grup Lebih Besar

Pada awalnya, grup Telgram hanya mampu menampung 5000 anggota, namun dengan perkembangan dan perubahan. Telegram saat ini memberikan batas hingga 200 ribu anggota. Batas tersebut jauh lebih besar dari semua aplikasi pesan instan manapun.

5. Bisa Multi Profile

Telegram kemungkinan penggunanya untuk membuat lebih dari satu akun (multi profile). Sistem multi profile ini menjadi salah satu keunggulan Telegram yang belum dimiliki aplikasi serupa lainnya. OPSI ini sangat cocok untuk pengguna yang suka gonta-ganti akun, terutama bisa memiliki dua nomor aktif; keduanya bisa digunakan untuk membuat multi profile Telegram.

Baca Juga :  Comic Line Webtoon Apk - Situs Baca Komik Online Gratis (Update)

Kekurangan Telegram

Seperti manis juga memiliki pahit, disamping kelebihan pasti juga ada kekurangan. Yaitu :

1.Tidak Bisa Update Status

Tidak seperti aplikasi pesan instan lain yang dapat menggunggah status, di aplikasi Telegram kamu tidak dapat melakukan hal yang sama seperti berbagai curahan isi hati ke orang lain atau daftar kontak.

2. Video Call Hanya Bisa Digunakan Dua Orang

3. Notifikasi 

Pesan Telegram akan memberi tahu saat nomor kontak di ponsel menjadi pengguna baru, dan notifikasi tersebut cukup mengganggu.

Telegram

Cara Download Telegram di Smartphone 

1. Buka Google Play Store

2. Ketik “Telegram” di Kolom Pencarian

3. Tekan tombol Install pada Google Play Store atau Get pada App Store.

4. Klik Accept untuk menyetujui proses download

5. Tunggu Hingga Proses Download Instalasi selesai

6. Telegram siap digunakan

Akhir Kata

Itulah sajian singkat dari penulis mengenai pengertian Telegram, fitur-fitur Telegram, manfaat Telagram, kelebihan dan kekurangan Instagram, cara Download Instagram. Semoga bagian artikel ini lebih berguna dan bermanfaat.

Sekian Terima Kasih.

Baca Juga :